Kumpulan Cerpen Motivasi Belajar Karya Siswa Terbaik SMPN 5 CIAMIS

SUARASASTRA.COM - Kumpulan Cerpen Motivasi Belajar - Teman - teman yang berbahagia, pada kesempatan kali ini kita akan berbagi Kumpulan Cerpen Motivasi Belajar. Kumpulan cerpen ini berisi kisah - kisah insfiratif dari para pelajar yang pastinya akan sangat memotivasi kita untuk terus semangat belajar demi menggapai impian dimasa depan.

Kumpulan Cerpen Motivasi Belajar ini menggambarkan bagaimana seharusnya seorang pencari ilmu bekerja keras, sabar dan pantang menyerah dalam perjuangan mencari ilmunya. Semoga Kumpulan Cerpen Motivasi Belajar bermanfaat dan benar - benar menjadi motivasi untuk kita.

Kumpulan Cerpen Motivasi Belajar Karya Siswa Terbaik SMPN 5 CIAMIS
Kumpulan Cerpen Motivasi Belajar Karya Siswa Terbaik SMPN 5 CIAMIS


MIMPIKU HARAPANKU
Oleh : Rizcy Farhan Ramdani

Hari ini hari Sabtu, ibu wali kelas 6A memasuki ruangan kelas, dengan suaranya yang lemah lembut mengumumkan akan melaksanakan Ujian."Ibu harap kalian belajar yang rajin di rumah, untuk menghadapi ujian hari Senin besok" Ibu wali kelas berkata kepada murid-murid dengan ciri khas kacamatanya yang mulai menebal."Iyaah Buuu..." jawab anak-anak dengan semangat.Setelah itu Ibu wali kelas menyuruh kami pulang lebih awal, dan kami pun pulang ke rumah masing-masing.
Di rumah, Ibuku selalu mengingatkan aku jangan lupa belajar. Pada hari Minggu aku dan teman-teman belajar bersama di rumah salah satu temanku untuk persiapan ujian besok Senin. Alarm berbunyi waktunya bangun. Jam sudah menunjukkan pukul 05.00 subuh. Sebelum mandi, ku bereskan selimut bekas tidurku semalam. Ku bawa handuk lalu pergi ke kamar mandi, lalu sholat subuh. Ternyata Ibu sudah menyiapkan seragam dan sarapan sebelum berangkat ke sekolah. Jam sudah menunjukkan waktu pukul 07.00 WIB. Aku segera berangkat ke sekolah. Jam pelajaran pertama dimulai pada pukul 07.30 WIB.Sebelum dimulai mengisi soal-soal, pengawas membacakan Tata Tertib Ujian yang harus ditaati semua murid-murid. Setelah itu kami memulai mengerjakan soal dengan hati-hati dan teliti, tidak lupa kami berdoa terlebih dahulu. Hingga akhirnya kami telah menyelesaikan ujian selama tiga hari. Alhamdulillaah ujian dapat dilewati dengan lancar tanpa kendala apapun.Seminggu kemudian, Ibu wali kelas mengumumkan nilai hasil ujian yang kami peroleh. Alhamdulillaah berkat belajar yang rajin nilaiku cukup bagus untuk daftar ke sekolah yang aku inginkan selanjutnya. Dari mulai kelas 4 SD aku bercita-cita bisa melanjutkan ke sekolah dimana kakakku dulu sekolah yaitu SMPN 5 Ciamis. Dan akhirnya aku diterima di sekolah tersebut.

Selain jaraknya dekat dari rumahku, bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Banyak juga teman-temanku yang sama mau daftar ke sekolah tersebut. Ibu wali kelas mendaftarkan aku dan teman-temanku ke SMPN 5 Ciamis dan alhamdulilah diterima. Akhirnya aku sekolah di sekolah yang baru dan mendapat teman-teman yang baru pula. Aku sangat senang bisa sekolah di sekolah impianku sejak kelas 4 SD. Selain teman-temanku yang baik-baik, guru-gurunya juga sangat baik. Mimpi dan harapanku bisa sekolah di SMPN 5 Ciamis akhirnya terwujud.

AKU DAN MIMPIKU
Oleh : Alina Davu

Gantunglah cita citamu setinggi langit,bermimpilah setinggi langit,karna jika engkau jatuh,engkau akan jatuh  diantara bintang bintang.Ya kata kata itulah yang terus kujadikan penyemangatku sampai saat ini,namaku jesslyn kenzura varelly,ya itu nama lengkap ku,biasa di panggil Jesslyn.Seorang gadis yang terlahir dari keluarga sederhana,kini aku duduk di bangku sekolah menengah atas,tepatnya kelas 11,aku memiliki sebuah impian yang menurutku sangat besar yang mungkin atau bahkan tidak bisa terwujud,tapi aku yakin aku bisa,aku yakin bahwa apa yang aku impikan ini akan terwujud,impian terbesarku adalah melanjutkan sekolahku ke universitas khususnya universitas tinggi negeri dengan jurusan kedokteran tentunya,ya jurusan yang paling banyak peminatnya dan paling mahal tentunya.Mungkin orang diluaran sana sudah memiliki tabungan puluhan bahkan ratusan juta untuk masuk ke dalam jurusan ini,itulah yang terkadang membuatku kehilangan percaya diri.
Untuk membeli baju seragam baru saja aku harus berpikir berkali-kali apalagi memiliki tabungan sebanyak itu ,dari mana aku bisa mendapatkan uang itu.Selama ini aku belajar dengan giat bahkan sangat giat,aku selalu berdoa kepada tuhan agar impian ku ini bisa tercapai,aku ingin melihat kedua orang tuaku bangga dengan apa yang aku capai,aku yakin suatu saat nanti yang entah kapan datangnya aku bisa membuat ayah dan ibuku tersenyum melihatku mengenakan baju wisuda.setahun berjalan begitu cepat tak terasa sekarang aku sudah duduk di kelas akhir sekolah menengah atas.Inilah saatnya semua yang aku usahakan bertahun-tahun lamanya akan kuperjuangkan sepenuhya.Agar apa yang aku impikan bisa terwujud,setiap hari aku mempelajari dari materi-materi yang belum ku mengerti,dan ku ulang materi -materi yang sudah diajarkan oleh bapa dan ibu guru dari pagi hingga malam.Hari berganti hari bahkan bulan sudah berganti bulan,kini soal ujian akhir itu sudah di depan mataku,aku membaca doa terlebih dahulu  lalu kukerjakan soal -soal itu dengan hati-hati,supaya aku bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Hari yang dimana ku impikan tiba aku sangat puas dengan hasil ujian akhir sekolah.Aku memutuskan untuk mengikuti tes di Universitas tinggi negeri yang aku impikan,di rumah ibu selalu menasehati agar aku selalu menjalankan sholat tahajud,dan berdoa yang terbaik untuk hasil tes nantinya.Sampai akhirnya setelah menunggu hampir dua minggu lamanya hasil tes keluar,rasanya sedih,marah,hancur,kecewa,ya aku tidak diterima di Universitas tersebut,padahal ini impian terbesarku,semua yang sudah kulakukan bertahun-tahun lalu,rasanya sia-sia,nak “kamu tidak boleh menyalahkan takdir”ujar ibuku yang melihatku nangis dikamar,”tapi bu aku sudah bersusah payah,aku sudah berusaha,apakarna kita dari keluarga yang kurang mampu mkanya aku tidak diterima disana”,jawabku marah, ”bukan begitu nak allah sudah membagi rezeki hamba-hambanya.Dan mungkin sekang bukan rezekimu tetap smangat yah”,ucap ibu menenangkan, .”Iya bu maafin aku belum bisa membahagiakan ibu dan ayah”,ucapku,”sudah yah belum rezekimu”,balas ibu,karena ucapan ibu,aku akhirnya tersadar dan berusaha bangkit Kembali,dan husnudzon kepada tuhan,Mungkin ini bukan jalanku mungkin ini bukan rezeki ku,aku tetap berdoa agar tuhan memberiku jalan yang terbaik nantinya,dari kejadian ini aku belajar bahwa tidak diterima bukan berarti masa depanku terhenti sampai disini.Aku berusaha untuk bangkit menemukan jati diriku yang sesungguhnya.Pada sore hari itu dengan ditemani senja dan satu gelas aqua,aku menuangkan semua emosiku ke dalam kertas dan pena,lalu ku baca ulang,aku merasa bahwa diriku memiliki bakat dalam bidang menulis.”Ah bagaimana kaluau aku membuat novel saja”,batinku,aku mengirimkan novelku ke penerbit buku butuh waktu beberapa bulan karana semuanya butuh proses.Sampai akhirnya akun mendapat kabar bahwa penerbit itu senang dengan ceritaku dan pembacapun puas an saat ini namaku sudah dikenal banyak orang,aku sadar bahwa  kesuksesan setiap orang itu berbeda.Kedua orang tuaku bangga dengan apa yang telah aku capai saat ini menjadi penulis terkenal.akupun tidak pernah menyangka aku diundang dalam acara yang diselengarakan oleh Universitas yang dulu ku incar,mnjadi narasumber insfirator.walaupun tidak kuliah di tempat itu setidaknya kaki ini pernah berada di tempat impian itu.

MOTIVASI DARI KEMENDIKBUD
Oleh : Fauzi Nugraha

Namaku adalah Fauzi, seorang siswa SMPN5 Ciamis. Saat ini, Aku duduk di kelas IX. Aku berasal dari Ciamis. Tidak lama lagi, aku akan menghadapi Ujian Nasional kelulusan. Hari Senin minggu depan, ketika Upacara Bendera, bapak Kepala Sekolah mengumumkan bahwasanya perwakilan Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) akan mengunjungi sekolah kami.“Murid-murid bapak sekalian, hari Jum’at mendatang kita akan kedatangan tamu dari Kemendikbud..” ujar bapak kepala sekolah.Tujuannya adalah memberi inspirasi dan motivasi kepada anak kelas IX, sekaligus menyuarakan betapa pentingnya pendidikan dalam kehidupan. Aku dan teman-teman sudah tidak sabar menunggu kedatangan mereka.Hari ini hari Kamis. Ketika jam istirahat berbunyi, aku dan teman-teman pergi ke kantin membeli cemilan. Di kantin, aku mengobrol dengan seorang teman bernama Iman.“Man, kata bapak kepala sekolah senin kemaren, perwakilan Kemendikbud akan datang hari ini kan? Kok tadi belum keliatan tanda-tanda kedatangan mereka ya…?” Bukaku.“Iya nih, aku juga belum ngeliat, soalnya udah mantau dari tadi pagi belum ada tanda-tandanya..” Jawab Iman.Tiba-tiba Joshua datang dan menyambung..“Kayaknya nanti deh habis istirahat, kita tunggu aja..” Sambungnya.
Ketika jam masuk berbunyi, aku dan teman-teman masuk kelas kembali. Jam pelajaran ke-3 telah usai. Namun aku melihat belum ada guru berikutnya yang masuk.Selang beberapa lama, ada 3 orang dewasa yang masuk dengan mengenakan pakaian yang tidak biasa dipakai para guru ketika mengajar. Semua murid terlihat keheranan dan bingung.Kemudian mereka bertiga langsung memperkenalkan diri, ternyata mereka adalah perwakilan Kemendikbud tersebut. Ketika mengetahui, kamipun menyambut kehadiran mereka dengan senang hati.Materi yang mereka berikan sangat memotivasi sekali, begitu pula mengenai pentingnya pendidikan dalam kehidupan dan masa depan. Mereka juga memberi gambaran tentang generasi masa kini yang nasibnya kurang baik.Setelah materi selesai, di penghujung acara aku dan seluruh murid menyalami mereka satu-persatu. Kami semua begitu merasa termotivasi untuk terus melanjutkan pendidikan dan menggali ilmu sebanyak-banyaknya.

Nah. itulah Kumpulan Cerpen Motivasi Belajar dari SUARASASTRA.COM.Semoga bermanfaat ya teman - teman Terimakasih Salam SUARASASTRA.COM



Posting Komentar untuk "Kumpulan Cerpen Motivasi Belajar Karya Siswa Terbaik SMPN 5 CIAMIS"