Kumpulan Naskah Pidato Bekal Da'i Siap Tampil

SUARASASTRA.COM - Pidato merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap orang. Tetapi masih banyak orang yang masih kebingungan dan demam panggung untuk tampil menyampaikan sebuah pidato, biasanya salah satu yang menjadi faktornya adalah minimnya materi yang ingin disampaikan.

SUARASASTRA.COM  - Nah, pada kesempatan ini penulis akan berbagi solusi khususnya bagi teman-teman yang masih kebingungan mencari materi untuk berpidato. Berikut penulis sudah siapkan beberapa teks pidato yang bisa teman-teman sampaikan.

kumpulan naskah pidato
Kumpulan Naskah Pidato Bekal Da'i Siap Tampil

TEKS PIDATO 1
KEUTAMAAN MENUNTUT ILMU

 

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Rekan-rekan sekalian

Maha suci Allah yang telah menggerakan langkah kaki kita untuk hadir di majlis yang penuh barokah ini. Mudah-mudahan ini semua menjadi kifarat akan dosa-dosa kita yang telah lalu, sebagaimana janji baginda nabi yang artinya :

"Barang siapa yang berangkat dari rumah masing-masing dengan maksud dan tujuan mempelajari ilmu, maka Allah akn mengampuni dosa-dosanya sebeium ia melangkahkan dua dampal kakinya | Jadi ibu-ibu yang pertama hikmah ngaji itu mudah-mudahan dapat diampuni, do......? sa.

Hadirin merasa banyak dosa?...merasaaa...

Kita semua takkan pernah bersih dari dosa, ibu-ibu juga kadang-kadang banyak sekali dosa yang tak terasa "biwir handap kakatuhu, na lunur ka beulah kenca manyun ka sulaki eta teh dosa, ngiridit erok tanpa izin suami dosa, ngiridin kutang tanpa izin suami dosa, ibu-ibu suka ngiridit...? sukaaa... jangan-jangan itu yang dipakai beliuin lunas........ |

Tiap-tiap anak cucu Adain takkan luput dari salah dan dosa, tatapi yang paling baik dari orang yang berdosa adalah orang yang meminta ampunan.

Abu Nawas bersya'ir dalam I'tirofnya yang artinya :

"Yaa Allah Yaa Robbana dosaku ibarat bilangan pasir chi lautan sudah tak terhitung banyaknya, maka ampunilah kami wahai Allah yang Maha Agung Selanjutnya awas III dalam pengajian niatnya harus lurus, jangan sampai ada maksud lain selain dari mencari ridlo Allah swt

"Apabila berkumpul yang halal beserta yang haram maka halal akan ierkalahkan dengan keharaman " Jangan sninpai ngaji sambil hatinya niat ingin ketemu dengan pacar,duduk di pengajian di pojok sambil ngelepek apa-apaan tuh...? ini mah santri di sana,di ujung sana, kalau disini mungkin tidak yah maksudnya tidak sedikit...

Jadi yang pertama, niat kehadiran kita di pengajian ini mudah-mudahan diampuni dosa-dosa oleh Allah Swt, hadits Rosulullah Saw menyatakan yang artinya :

"Sesungguhnya seorang Alim akan selalu memintakan ampunan (istigfar) baginya makhluk-makhluk yang ada di langit dan di bumi sehingga ikan-ikan yang berada di lautan"

Rekan-rekan sekalian yang saya hormati

Yang kedua ngaji itu niatnya untuk menghilangkan kejahilan atau kebodohan dalam diri kita, ini penting hadirin, sebab alangkah ruginya jadi orang bodoh itu. contoh ada orang bodoh banget saking bodolinya, sampai ia dijuluki bodoh di kampungnya, agar suasana muhadharah kita benar-benar hidup saya akan bercerita.

Suatu malam si bodoh sedang jalan-jalan sendiri diluar rumah mungkin menikmati indahnya bulan, tiba-tiba datang tiga orang rampok.

Kata rampok: "hai bodoh sedang ngapain luh?

Kata si bodoh: "biasa mas jalan-jalan ente-ente mau kemana kata si bodoh

Rampog imenjawab: "Mau merampog ke rumah pak Haji"

Kata si Bodoh: Ikut dong (Dia tidak tau merampog itu apa) Ikut aja si bodoh itu, Pas di dalam rumah pak Haji ia nanya" Mas gimana cara merampok yang baik itu

Rampok berkata: "pokonya begini, kalau ada yang berat-berat itu mahal

Pas Di dalam rumah ada emas 10 gram, diangkat oleh si bodoh dan dilemparnya (Karena tidak berat), ada lagi 10 Juta dilemparkan lagi (karena tidak berat) Pas ia ke dapur ada coet batu yang berat, langsung aja ia angkat dan dibawa lari. Itulah karena bodoh.

Hadirin, Ini cuma anekdot ringan terlebih kalau kita bodoh akan masalah akidah dan syariah agama. Ini sangat bahaya, bagaimana supaya iman kita sah dalam pandangan Allah, bagaimana supaya ibadah kita diterima Allah, ini semua harus kita pikirkan

Jadi intinya kita ngaji agar kita tahu mana haq dan mana Bathal, mana yang harus dipijak, mana yang harus dilangkahi, mana halal mana haram, mana yang harus dilaksanakan mann yang harus ditnggalkan, man jalan menuju sorga, mana jalan menuju neraka Dengan ini mudah-mudahan kita menemukan keselamatan dunia dan akhirat sebagaimana janji baginda yang artinya :

Artinya : “Barang siapa yang menghenadaki dunia, maka ia harus mempunyai ilmu, dan barang siapa yang menghendaki Akhirat, maka ia harus berilmu, dan barang siapa menghendaki kebahagiaan keduanya, maka ia harus berilmu pula.”

Selanjutnya yang ketiga, kita mengaji dalam rangka mempertebal keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Swt. Sebagai landasan seluruh amal ibadalı Kalau dalam bangunan iman itu ibarat pondasinya, sebelum kita pasang gunting, tiang, kaca dan sebagainya, yang pertama kali kita pasang adalah pondasinya. Artinya iman, mengenal dan meyakini Alláh hal yang wajib pertama kali bagi manusia.

Yang terakhir, menghidupkan syiar agama Allah dan meningkatkan ukhuwah islamiyah di antara kita.

Saya juga datang jauh-jauh ke tempat ini tanpa bekal. Saya tidak bawa apa lapa, tidak bawa makanan, minuman, buah-buahan, tidak !!! tapi saya yakin dil isini saya akal dapat makan karena disini banyak saudara-saudara saya Ibu bapak sekalian adalah saudara saya, kita semua darimana pun asalnya. apapun warna kulitnya, tergolong ras mana pun dia, selama syahadatnya sama itulah saudara kita. Saya adalah saudara, saudara adalah saya.Menghina saya sama dengan menghina saudara. Dan menghina saudara sama dengan menghina saya Kenapa?... Karena di hatiku ada kamu

Jadi dengan adanya pengajian ini kita pererat tali persaudaran di antara kita, minimalnya kita saling mengenal. Bahkan para gadis harus bangga saat ini bisa melihat penampilan mubalig yang tampan kaya Adam Jordan, Betul?... betuul

Mengingat batas waktunya untuk saya sudah dekat sekali, maka harus cepat-cepat memacu dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.Demikianlah uraian singkat dari saya,terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf atas segala kekurangan

Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

 

TEKS PIDATO 2
BAHAYA NARKOBA
 

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Alloh swt, karna berkat rahmat dan hidayahnya kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat dan sejahtera. Pada kesempatan ini saya ingin membahas pentingnya pendidikan bagi kita semua, khususnya bahaya narkoba.

Sangat menghawatirkan apabila remaja telah terjerumus tergoda dan terpedaya oleh obat-obatan terlarang, maka negara dan bangsa akan bagaimana jadinya jika diteruskan oleh pemuda- pemuda yang teler dan slebor? Inilah bahaya. markoba bagi negara dan bangsa.

Maka dalam kesempatan yang baik ini kita akan coba membicarakannya. Setuju ? Berpijak dari Firman Allah swt. yang terukir indah dalam bingkai surah al Maidah ayat 90.

Ayat ini dimulai dengan Harfunnida ini merupakan seruan spesialisasi bagi orang-orang yang beriman, yang diseru bukan luarnya, tapi yang diseru batin orang-orang yang beriman, pengakuan Selanjutnya mari kita lihat meminum Khomr"

yang timbul dari hati yang tak bisa dibohongi.

Apakah Khomr itu

Ibnu Abbas menjawab dalam tafsirnya

"Seluruh minuman yang memabukan itulah yang dikatakan khomr" Termasuk juga dalamnya minuman, suntikan, obat-obatan yang saat ini lagi ngetren seperti wiski, brendi, morfin, heroin, cocain, Ganja, BK, Magadon, dan banyak lagi yang lainnya. Bahkan ratunya yaitu extasi dan shabu-shabu.

Coba sekarang banyak para remaja bahkan remako yang masih gemar mengkonsumsi semua itu, bujan hanya di kota-kota besar, tapi orang-orang kampung yang jauh dari jalan berkhotmik sekalipun mengadopsinya. Makanya lucu hadirin kalau orang-orang kampung itu mudah tergiur ibarat pohon bambu yang ada di tengah-tengah gunung. Datang angin dari timur ikut doyong ke barat, datang lagi angin dari utara ikut doyong ke selatan. Orang lain laki-laki dikucir, ia ikut dikucir "kasep teu sabaraha, orang lain m,abok-mabokan ia ikutan bahkan sampai muntah-muntah. Kalau orang kota mending mabok terus muntah yang keluar mungkin hotdog, hamberger, spageti dan makanan lain yang mahal harganya, tapi kalau orang kampung mabuk terus muntah muntah, apa yang keluar? Ya paling-paling jengkol, kangkung, gendot dan sebagainya. Sudahlah jangan banyak gaya-gayaan, kagak pantes tau !........

Hadirin yang berbahagia salah satu tujuan magosidusyar'i adalah Hifdul Agli yaitu memelihara akal. Jadi apabila narkoba tealah merasuk, mengendap,dan menjalar di dalam tubuh maka berakibat patal terhadap fisik dan psikis, mata merah padam, jantung berdenyut keras dan cepat, akal hilang, sipat manusianya yangmuncul sifat-sifat binatang. Bukankah bermula dari mabuk orang bisa membunuh ? bermula dari mabuk orang bisa memperkosa ? pastaslah kalau baginda nabi Muhammad Saw. berasabda: "Arak adalah biangnya kekejian" Al Hadits.

Hadirin Rahimakumullah,

Kenapa arak itu dilarang oleh Allah padahal banyak sekali orang yang menyukainya? Jawabannya karena arak itu "Sesuatu yang kotor, najis, keji, dan perbuatran syetan yang harus dijauhi",

Alangkah tidak pantasnya kita manusia mengerjakan perbuatan syetan, Jangankan perbuatan syetan dilakukan manusia, perbuatan manusia di lakukan oleh manusia lagi pun kalau tak sederajat itu sangat tidak pantas. Contoh Seorang anak balita telanjang bulat di halaman rumah sambil bawa mobil mobilan dan teriak-teriak, misalkan: "Tasik........ Tasik........ Tasik............... berangkat".

Masih pantas sebab ia masih kecil, tapi kalau pekerjaan seperti ini dilakukan oleh bapak-bapak yang kumisnya sudah naplok sagede tai, apa jadinya hadirin ? "Jadiiiiiii........"Yah paling-paling si bapak itu disangka OTM, kata orang-orang "si bapak itu kapan mulainya ya". Pasti bapak itu dianggap kurang waras. Jelas hadirin ? Jelaaaaanan. Maka mula: sekarang ayo kita tinggalkan perbuatan-perbuatan keji selan itu Apalagi para pemuda sebagai penerus estafeta perjuangan, dipundakmulah kejayaan atau kehancuran bangsa dan negara kita ini, terserah mau kau bagaimanakan. Yang jelas

"Pemuda di masa kini adalah pemimpin di masa yang akan datang Santri di masa kini adalah kiayi di masa mendatang" Siswa di masa adalah guru di masa mendatang" Sebuah pantun berkomentar:

 Batu jalan- batu jalan

 Di kali-kali kau bermandi

 Wahai pemuda pemudi idaman

Negrimu selalu menanti

Hadirin yang berbahagia

Namun, banyak kita ketahui pendidikan yang semakin mahal membuat pengetahuan tentang bahaya narkoba masih sangat rendah. Makanya saran saya kepada orang tua kalau mau tenang mendidik anak tidak ada pilihan lain kecuali masukan anak kita ke pesantren, titipkan kepada para kiayinya untuk mendalami ilmu agama, Insya Allah kalau anak kita minimal sudah berstatus santri jangn hawatir akan ekonomi, itu sudah dijamut tanggung jawab Allah Swt.

Prinsifnya, Biar cincin asal dipatri Biar miskin asal santri

Disipuh tidak berkarat Moal ripuh dunia akhirat

Bahkan kelebihannya hadrin temen-temen saya sering berceloteh;

Paling enak makan teri

Apalagi makan rambutan

Paling enak jadi santri

Pulang pulang jadi rebutan

Mungkin karena santri itu makhluk langka dan harus dilindungi" Emangnva Dinosaurus

Rupanya sekian saja dari saya semoga bermanfaat.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan dalam pidato ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Warohamtullohi Wabarokatuh


Sekian dan Terimakasih


Posting Komentar untuk "Kumpulan Naskah Pidato Bekal Da'i Siap Tampil"