Naskah Drama " Eksekusi " ( Doc ) | Kumpulan Naskah Drama Gandrung

SUARASASTRA.COM - Naskah Drama " Eksekusi "  ( Doc ) | Kumpulan Naskah Drama Gandrung.

Teman - teman yang berbahagia, pada kali ini SUARA SASTRA akan kembali berbagi naskah drama.

Naskah drama ini admin ambil dari buku kumpulan naskah drama gandrung karya Ilham Zoebazary. Naskah drama ini sangat cocok untuk menjadi bahan pementasan dalam pagelaran seni di sekolah ataupun di lingkungan umum.

Semoga bermanfaat dan dapat membantu teman-teman yang sedang mencari bahan drama untuk tampil.

Selamat mencoba ya soob...

Naskah Drama " Eksekusi " ( Doc ) | Kumpulan Naskah Drama Gandrung
Naskah Drama " Eksekusi " ( Doc ) | Kumpulan Naskah Drama Gandrung

EKSEKUSI

Para Pelaku / Tokoh :

Hakim 

Jaksa 

Pembela

Dukun

Klowor 

Menik 

Wartawan

 

Di ruang hampa udara, cakrawala kosong. Suara gegap- gempita orang-orang marah. Seorang lelaki (MBAH DUKUN DARMO GANDUL) Berlari dikejar ORANG- ORANG BERTOPENG. Dipojok langit lelaki tersebut tertangkap dan dipukuli beramai-ramai oleh orang-orang bertopeng, sambil terbahak-bahak seperti layaknya sebuah pesta kemenangan.

Terdengar sebuah alunan suara berirama.

Orang-orang bertopeng berhenti memukul dan tertawa sambil memandang lalu menanggalkan topengnya. mereka berubah menjadi SANG HAKIM KETUA, JAKSA PENUNTUT UMUM dan PEMBELA. Sedangkan mbah dukun didudukkan oleh pembela di kursi terdakwa.

HAKIM :  (Mengetuk-ngetukkan palu minta perhatian) Saudara- saudara ... kalau biasanya yang anda lihat di TV atau anda baca di koran adalah pengadilan sandiwara, artinya pengadilan sungguhan yang kegedean unsur sandiwaranya, maka pengadilan kita ini sebaliknyadigede- gedein keadilannya, karena keadilan yang gede memang cuma ada dalam sandiwara. Asyik, kan? Saya mulai, ya? Nah, atas nama keadilan yang kelihatannya tidak mengenal kompromi, sogok dan berat sebelah, sidang pengadilan "kasus jimat" saya nyatakan dibuka! (Ketuk palu, hadirin tepuk tangan) Hei, tepuk tangannya yang meriah dong (tepuk meriah) Terimakasih. Terimakasih.

Sekarang saya lanjutkan. Sidang pengadilan ini akan dihadiri secara komplit oleh terdakwa, penggugat dan satu rombongan saksi-saksi. Nah, bagaimana Saudara Pembela dan Saudara Jaksa Penuntut Umum, apakah Saudara- saudara sudah siap tempur?

JAKSA dan PEMBELA : Sudaaahhhhh. !!

HAKIM : Bagus. Karena ini adalah persidangan yang amat istimewa, diliput oleh mass-media internasional, maka aspek fighting spirit alias semangat tempur harus ditonjolkan. Antara Saudara Pembela dan Saudara Penuntut harus pakai gontok-gontokan. Harus aktif dan agresif, biar pengadilan kasus jimat ini berjalan dengan hot. Ingat, masyarakat butuh hiburan dan sedikit ketegangan. Remember? Nah, untuk menyingkat waktu, karena saya juga banyak obyekan di luar, persidangan segera dilaksanakan. Saya panggil saudari penggugatSaudari Menik.

MENIK muncul, tiba-tiba SEORANG WARTAWAN nyelonong dan memotreti Menik. Hakim marah mengetuk- ngetukkan palu. wartawan ganti membidik hakim, hakim pasang aksi, wartawan exit.


Untuk Naskah Lengkapnya Silahkan Download di bawah in !


LINK DOWNLOAD NASKAH DRAMA EKSEKUSI



Posting Komentar untuk "Naskah Drama " Eksekusi " ( Doc ) | Kumpulan Naskah Drama Gandrung"