Naskah Drama 4 Orang - Tema Sosial dan Persahabatan : Di Warung Bu Karyo

SUARA SASTRANaskah Drama 4 Orang Tema Sosial dan Persahabatan : Di Warung Bu Karyo
Teman - teman yang berbahagia, pada kesempatan ini SUARA SASTRA akan berbagi lagi Naskah Drama. Naskah Drama ini bertema sosial dan persahabatan yang menceritakan perjalanan 3 orang karyawan Pabrik bersama nasibnya di kota besar.
Diharapkan Naskah Drama 4 Orang Tema Sosial dan Persahabatan : Di Warung Bu Karyo bisa membantu teman - teman yang sedang mencari bahan untuk pementasan atau tugas sekolah mata pelajaran Bahasa Indoenesia. Semoga bermanfaat ya ...


Naskah Drama 4 Orang Tema Sosial dan Persahabatan : Di Warung Bu Karyo
Naskah Drama 4 Orang Tema Sosial dan Persahabatan : Di Warung Bu Karyo - suarasastra.com


DI WARUNG BU KARYO

Karya : Ima Yuliama Sari

Terik matahari membuat tempat usang ini semakin gerah, dengan mesin – mesin besar di depannya yang beroperasi tanpa henti memekakan telinga. Menghasilkan benang – benang yang menjadi pakaian masyarakat di Negeri ini. Kepulan asap – asap dari pantat kendaraan menjadi pemandangan hari – hari. Kian siang kian ramai belum lagi lalu lalang kendaraan besar di sepanjang jalan membuat jalanan ini terasa sempit.Diseberang jalan tempatnya bekerja, ada warung kecil yang menjadi favorit dikala para buruh pabrik benang itu istirahat. Tak luput Dadang sang buruh baru pun ikut nimbrung bersama rekan – rekannya disana.

Buruh 1 :
Akhirnya istirahat juga, ayo kita ngopi dulu di warung Bu Karyo.
Buruh 2 : Iya Mas, Sudah lelah aku ini. Dari pagi terus aja aku berdiri.
Buruh 1 : Sudahlah Mas, itukan resiko kita sebagai pegawai disini. Namanya juga kerja Pabrik, apalagi pabrik gede kaya gini pasti capek lah Mas. Masih syukur kita bisa istirahat, kalu enggak kan pening juga kepala.
Buruh 2 : Yowes Mas, yuk ah ngopi dulu. Udah laper juga nih.

Tanpa malu, Dadang dari jauh memperhatikan kedua orang tadi. Dengan sikap sok sopan dia pura – pura tak melihat, padahal dari tadi dia sudah menguping pembicaraan mereka. Dalam hati, Dadang ingin ada yang mengajak dia untuk sekdar istirahat bersama. Karena dia belum mempunyai teman dekat yang selalu bersamanya. Tanpa disadari, ada yang mendekati Dadang.

Buruh 2 : Eeh  kamu, pegawai baru disini ya ? baru lihat soalnya
Dadang : Iya Mas, saya Dadang. Saya baru satu minggu kerja disini . Maaf sebelumnya tidak memperkenalkan diri, saya belum kenal siapapun, jadi masih malu mas.
Buruh 1 : Ada apa ini ? Oooh.. kamu anak baru itu ya ? Ayo sekalian makan bareng disini, kita istirahat dulu di warung Bu Karyo. Lumayan ganjel perut buat nerusin kerjaa ampe nanti sore.Apalagi cacing si krempeng itu, udah pada demo didalem perutnya. Haaaa
Buruh 2 : Waaah Mas, parah ucapanmu, kaya diirinya sendiri gak laper aja. Krempeng – krempeng gini kan tenaganya kuat, sehat pula.iya kan Dang ?
Dadang : ( Hanya tersenyum ) Yu mas kita makan.

Mereka bertiga segera bergegas untuk istirahat ke warung Bu Karyo. Sebetulnya tak perlu lama untuk sampai disana, hanya saja memerlukan kesempatan yang baik untuk bisa menyebrangi jalanan yang saat itu ramai sekali oleh pengendara motor dan mobil.

Buruh 1 : Siang Bu, hari ini lauk pauknya apa nih Bu ? kayaknya mantep juga nih
Buruh 2 : Bu Karyoo, masak apa nih ? oh ya, hari ini boleh kasbon lagi kan Bu ? pelanggan ibu kan banyak, jadi gak bakalan rugi kalo aku kasbon lagi Bu.
Bu Karyo : Ndak bisa, wong hutangmu dua hari yang lalu aja belum dibayar mas, masa mau ngutang lagi.Bisa rugi aku kalo semua yang makan disini semuanya pada ngutang.Nanti uang buat belanja untuk hari besok dari mana, kalo hari ini gak ada pemasukan. Emang belanja gak puke uang apa !
Buruh 2 : Ya sudah Bu, hari ini saya gak usah makan. Biar kelaparan aja, paling nanti pingsan di tempat kerja. Cukup liatin yang yang lain makan juga, lumayan sari kenyangnya kerasa sampai lidah.
Buruh 1 : Sudahlah, makan saja. Nanti aku yang bayarin makan kamu hari ini. Tadikan cacing cacing diperutmu sudah demo. Daripada gak makan, nanti tambah demo lagi, Gawatkan ? 
Bu Karyo : Tuh mas, temennya udah baik nawarin. Udahlah jangan gengsi, daripada kelaparan. Belum lagi nanti kasbonnya tambah lagi.
Buruh 1 : Iya tuh bener kata Ibu. Kamu jangan gengsi apalagi malu. Kita kan udah temenan lama, santai aja. Toh juga makan aja. Masa aku sama Dadang makan kamu enggak, kan gak enak jadinya.
Dadang : Iya Mas, gak papa jangan malu. Aku juga sekarang kan temen mas juga.
Buruh 2 : Kamu emang baik Mas. Emang aku bilang sudah berteman denganmu ? ( Menatap Dadang dengan nada sinis )
Buruh 1 : Sudahlah jangan guyon terus. Kapan kita makannya kalo kalian bicara terus. Perut nih harus diisi dulu, penting buat nambah tenaga lagi. Bentar lagi kita masuk, jadi udah deh cepet makannya.
Dadang : Iya Mas
Buruh 2 : Haaaaa... ( tiba tiba tertawa melihat tingkah laku Dadang yang diarasanya lucu )

Semua orang mulai memperhatikan tiga orang pegawai pabrik benang yang kini sedang makan karena terganggu dengan tawa si Buruh 2 itu. Bagi Dadang keadaan itu sangat canggung, karena dia merasa bahwa buruh 2 menertawakan dirinya. Dan kenyataannya memang begitu.

Dadang : Mas , Ada apa ? Kenapa tertawa seperti itu ?
Buruh 2 : Aduh – aduh, sungguh kau memang lucu. Aku sebenarnya menertawakanmu karena melihat mukamu yang aneh itu, saat aku tadi pura – pura tak menganggapmu sebagai teman. Rasanya seperti melihat orang yang jatuh kemudian malu karena dilihat orang banyak.

Mesin besar yang menjadi tanggungjawab Dadang hari itu tiba-tiba macet. Membuyarkan lamunannya tentang teman seprofesinya dua tahun yang lalu. Kini tawa itu sebuah kenangan, kenangan memalukan tapi sangat berkesan kalo diingat. Karena hari itu buruh 2 mengerjainya dengan pura – pura sinis pada Dadang. Dia hanya pura – pura karena sebenarnya dia adalah orang baik.
Buruh 1 : Kenapa Dang ? Ada masalah ?
Dadang : Tidaak, eeeh... anu mas, mesinnya macet, saya tadi ngelamun. Tapi gak papa Mas, saya bisa benerin kok. Tenang aja, Mas kembali ketja aja. Nanti kalo saya gak bisa benerin saya minta bantuan Mas.
Buruh 1 : Iya siap Dang, Makannya jangan ngelamun kalo lagi kerja, bahaya tau Dang. Udah gitu, nanti kalo celaka gimana ? Emang mikirin apa sih Dang ?
Dadang : Anu Mas, saya kepikiran Almarhum mas ( Buruh 2 ) Gak nyangka aja, dibalik guyonannya yang membuat saya malu pas kita dulu makan bareng di warung Bu Karyo, ternyata dia menyimpan lukanya sendiri.
Buruh 1 : Jangankan kamu Dang, saya aja gak nyangka kalo dia sakit. Eh tau tau udah parah aja tuh sakitnya.kirain badannya yang kurus itu emang pembawaan dia gitu, taunya sakit.
Dadang : Emangnya dia gak pernah  cerita ke Mas ? kan Mas udah kenal dia lama
Buruh 1 : Dia itu orangnya gak pernah liatin kalau dia punya masalah, jadi siapa tau di punya penyakit. Toh kamu juga kan ngerasain waktu di warung Bu Karyo dia santai  - santai aja. Malahan dia seneng banget ngerjain kamu ampe dia ketawa terbahak bahak, kaya gka punya masalah gitu.
Dadang : Iya juga sih Mas, tapi saya kangen banget sama dia. Guyonannya itu loh Mas. Andai saja dia masih ada, mungkin suasananya lebih rame lagi.
Buruh 2 : Itu Pasti. Sudahlah, yang yang lalu biarlah berlalu. Kita do’akan saja, semoga ditempatkan di tempat yang baik disisi Alloh.
Dadang : Aamiin allohumma Aamiin Mas.
Buruh 1 : Ya udah Dang, saya kerja lagi. Mesinnya cepet benerin, nanti malah menghambat pekerjaanmu.
Dadang : Siap Mas, makasih. Oh yaa.. nanti siang biasakan kita makan di warung Bu Karyo ? Aku tunggu di gerbang Mas, biar sama – sama ke sananya.
Dari kejauhan hanya terlihat ujung ibu jari dan ujung telunjuk tangan kanan saling bertemu, menandakan jawaban dari buruh 1 .

Nah, itulah teman - teman 
Naskah Drama 4 Orang - Tema Sosial dan Persahabatan : Di Warung Bu Karyo dari SUARA SASTRA.
Semoga Bermanfaat dan Terimakasih
Salam SUARA SASTRA.



Posting Komentar untuk "Naskah Drama 4 Orang - Tema Sosial dan Persahabatan : Di Warung Bu Karyo"