Penetapan Tujuan Dalam Pembelajaran Dan Pendidikan Mandiri

Penetapan tujuan dalam pembelajaran dan pendidikan mandiri
Penetapan tujuan dalam pembelajaran dan pendidikan mandiri

Penetapan tujuan dalam pembelajaran dan pendidikan mandiri - Jika Anda seorang pelajar atau orang dewasa, yang mendidik diri sendiri untuk mempelajari keterampilan baru atau menguasai kompetensi Anda saat ini, artikel ini cocok untuk Anda. Dalam beberapa paragraf berikutnya, saya ingin berbicara tentang penetapan tujuan dalam pendidikan dan berbagi contoh bagaimana mempraktekkannya.

Kemampuan untuk menetapkan tujuan dan bekerja dengan mereka masuk akal, karena mungkin membantu untuk merampingkan proses pembelajaran. Perlu disebutkan apa yang disebut prinsip - “ tujuan membenarkan cara ”. Praktisnya, jika Anda belajar setiap hari dan tidak menetapkan tujuan pembelajaran, mengingat banyaknya istilah dan materi pendidikan baru, pada titik tertentu Anda mungkin menghadapi keraguan ke mana tepatnya Anda akan pindah dan apa tujuan pembelajaran Anda dalam dalam hal ini, kemalasan dan melankolis dapat "menyelinap Anda" tanpa terasa.

Oleh karena itu, penetapan tujuan diperlukan, yang memungkinkan Anda untuk melihat studi Anda sebagai rencana tindakan dan bagian dari kenyataan yang ingin Anda ciptakan untuk diri sendiri, dan inilah cara penetapan tujuan akan memotivasi Anda untuk melihat ke masa depan melalui diri Anda sendiri. prioritas, memusatkan energi Anda di tempat yang tepat. Agar tujuan tersebut masuk akal, tentukan apa yang benar-benar “menggerakkan” Anda dan ikat pada pendidikan Anda.

Penetapan tujuan dalam pembelajaran dan pendidikan mandiri
Penetapan tujuan dalam pembelajaran dan pendidikan mandiri

Selain mendefinisikan tujuan, penting untuk memahami bagaimana Anda dapat mencapai 'titik tujuan' Anda. Di sini, Anda perlu menuliskannya secara rinci, memecah tujuan menjadi sub-tujuan yang lebih kecil untuk melacak kemajuan pada setiap tahap periode.

Sebagai mahasiswa kursus Analis Data baru-baru ini, saya membagikan contoh penetapan tujuan pribadi saya untuk 3 bulan ke depan mulai hari ini.

Penetapan tujuan dalam pembelajaran dan pendidikan mandiri
Penetapan tujuan dalam pembelajaran dan pendidikan mandiri

Karena tujuan saya adalah mendapatkan pekerjaan di perusahaan berbasis data sebagai analis data atau magang dengan prospek pekerjaan, maka sub-tujuan saya adalah sebagai berikut:

1. Menyelesaikan program kursus (dalam waktu 2 minggu):
1.1 Selesaikan modul pembelajaran terakhir — paling lambat 15/10/2022
1.2 Menyerahkan tugas akhir — sebelum 22/10/2022
2. Merevisi materi pembelajaran (dalam 2 minggu ke depan):
2.1 Ulangi fungsi dasar Python — paling lambat 29/10/2022
2.2 Kompilasi lembar contekan — paling lambat 11/5/2022
3. Dapatkan pekerjaan (dalam sisa 8 minggu):
3.1 Jelajahi lowongan dan magang analis data — paling lambat 11/12/2022;
3.2 Mendaftar untuk lowongan terbuka, lulus tes dan wawancara — paling lambat 26/11/2022
3.3 Dapatkan pekerjaan atau magang sebagai "analis data" — paling lambat 31/12/2022

Jika saya tidak tepat waktu, saya akan menyesuaikan waktunya. Pada saat yang sama, saya akan mencoba mengikuti rencana saya untuk mempraktikkan manajemen waktu yang baik.

Mengingat bahwa setiap kasus adalah unik dan setiap orang dapat menemukan cara mereka sendiri untuk menetapkan tujuan, kebiasaan menetapkan tujuan pasti berkontribusi pada pertumbuhan pribadi seseorang.

Teman-teman, apakah Anda mempraktikkan penetapan tujuan dalam studi Anda? Jangan ragu untuk berbagi!

Posting Komentar untuk "Penetapan Tujuan Dalam Pembelajaran Dan Pendidikan Mandiri"